A Thousand Splendid Suns


A Thousand Splendid Suns

Itulah judul novel yang akhirnya jadi objek penelitian skripsiku. Berawal dari jalan2 ke Malioboro mall mencari novel Angels and Demons yang gak bisa kutemukan novel English version-nya, akhirnya aku menemukan novel karya Khaled Hosseini ini baik di gramedia dan di periplus, toko buku di Malioboro mall yang khusus menjual buku-buku import alias buku berbahasa asing yang gak ‘mudengke’.

Itulah sejarahnya dapetin novel itu baik versi translatannya dan Inggrisnya. Selanjutnya mengarah ke cerita novel ini. Novel ini ditulis oleh Khaled Hosseini, seorang dokter keturunan Afghanistan yang tinggal di negerinya Barack Obama. Tentunya dalam novel ini dan novelnya yang sebelumnya menjadi best seller, yaitu “The Kite Runner” tetap berkisah mengenai kehidupan masyarakat Afghanistan.

Kisah ini menguak hidup Mariam. Sosok tegar dalam menghadapi hidup. Diceritakan Mariam adalah gadis suku Tajik kelahiran tahun 1959 yang mengalami fase hidup dari zaman kerajaan, revolusi Afghanistan, penjajahan Soviet, hingga era Taliban (tolong diralat kalo salah).

Saya gak tahu tujuan dari penulis mengungkap kehidupan pernikahan rakyat Afghanistan pada umumnya atau hanya sejumlah kasus saja, tapi berdasarkan balasan email yang  pernah saya kirimkan kepada Khalid Hossaini, dia mengatakan bahwa yang dia tulis adalah potret kehidupan rakyat Afganistan yang sesungguhnya.

Bercerita mengenai Mariam yang dinikahkan pada saat masih belia oleh ayahnya kepada seorang pembuat sepatu di Kabul dari suku Pashtun yaitu Rasheed. Seorang duda tua yang berusia 40 tahunan. Selanjutnya, Mariam meninggalkan kampung halamannya di Herat, daerah Afghanistan sebelah barat menuju Kabul.

Kisah manis getirnya hidup telah dijalani Mariam hingga dieksekusi karena membunuh Rasheed. Saat akhir hidupnya inilah, yang ‘menggetarkan hatiku’ saat membaca novel ini (ah tenane).

Itulah secuplik penggalan kisah dalam novel “A Thousand Splendid Suns.” Kalo suka baca novel, boleh coba baca ini novel dengan tebal sekitar 384 halaman versi Inggrisnya. Kalo mau pinjem saya, boleh boleh.

6 responses to “A Thousand Splendid Suns

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s